RSS

IKHLAS

Gift For My Sister . .

s

Assalamualaikum Akhi & Ukhi…

Perkenalkan Saya Ardi Firmansah Giantoro. Saya keturunan campuran Sunda dan jawa yang terlahir di kota kembang (bandung). bertempat tinggal di daerah Kiaracondong  kota bandung jawa barat.

Keluarga saya dulunya adalah keluarga yang Broken Home . Tapi semenjak saya Lulus SMA alhamduliah keadaan mulai membaik dan boleh dibilang sudah Harmonis. Saya anak ke 2 dari 4 bersaudara. kakak saya laki-laki bekerja sebagai pegawai di BUMD Kota Bandung . Adik pertama yang perempuan, sudah bekerja di perusahaan swasta  sambil kuliah di Perguruan Tinggi Bandung, adik  yang  kedua perempuan masih duduk di bangku kelas 4 SD .

Dahulu bapak seorang pegawai BUMD di PD. Kebersihan Kota Bandung. Bapak  yang merangkap sebagai loper Koran dan  mulai dibantu oleh ibu pada tahun 1997an. Beliau mendirikan  kios Koran di pinggir jalan yang ramai di Jalan  Soekarno-Hatta (By Pass).

Waktu bergulir  di Tahun 2001, lulus SD saya melanjutkan sekolah ke SMP Swasta yang kebetulan dekat dengan kios ibu berjualan, di sekolah waktu jam masuk dibagi dua, seminggu masuk pagi  seminggu lagi masuk siang. saya mulai membantu ibu berjualan koran, saya juga  menggantikan beliau disaat sekolah kebagian masuk siang, jam 6 pagi mulai berangkat untuk berjualan , koran ramainya di pagi hari   setelah jam setengah  12 siang  saya mulai bersiap-siap  pergi sekolah dan pulang jam 5.
saya sangat senang berjualan Koran Karena dari situ  saya jadi suka membaca,  mulai majalah/koran  politik, olahraga.. dan sebagainya, tapi yang paling ku suka majalah computer. Sampai majalah wanita pun saya baca .. hehe.

Di sekolah peringkat tak jauh dari rangking 1 atau 3, aklhirnya  saya dapat beasiswa,  dan itu untuk membantu beban orangtua. satu hal yang paling berkesan  adalah  pada saat idul adha di sekolah. singkat cerita, pada saat pemotongan hewan qurban  entah kenapa kepala sekolah pada saat itu memilih Sembilan  orang siswa termasuk saya  untuk maju . dipilihlahlah  sembilan  ekor  kambing  yang akan disembilih, satu orang satu kambing..
kepala  sekolah  seraya mengatakan “ itu adalah kurban kalian..yang akan disembelih hari ini”.   Alhamdulilah .. yaa allah saya dapat juga berqurban gumamku, pada saat itu hati menjadi sangat  tenang dan damai .. Semoga pahalanya diterima  oleh allah. Dan tak lupa hal itu diceritakan pada ibu. Tentu saja beliau senang.

Menjelang Tahun 2004 saya melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya ,
Masuk SMA Negeri adalah harapan dan cita-cita tiap siswa di Kota bandung. Saya bersyukur dapat  menembus ke SMA negeri.
Namun di masa ini  masa sulit buat hidup saya yang masih remaja..keretakan keluarga yang di mulai sejak Saya SD semakin  menjadi-jadi Seperti biasanya, pertengkaran Bapak dan Ibu  saya anggap burung yang  sedang  berkicau. Namun Kicauan mereka akhirnya membuat saya tak tahan..  Pagi pergi sekolah  pulang malam kadang juga nginap di rumah teman.  Hati memang tidak bisa dibohongi kalau soal ini., Asli hidup saya merasa hancur  tak tentu arah. Namun saya punya pendirian dan tetap tegar.. walaupun keadaan sekacau ini  saya berjanji tidak akan terjerumus ke pergaulan yang tidak baik.  Saya bergaul dengan teman-teman  saya yang baik , dan mengikuti  semacam ekskul perkumpulan Rohani islam/rohis di sekolah.

Hati dan Jiwa ini adalah titipan Allah  yang musti dirawat , dijaga dan diayomi  agar tidak salah  melangkah menuju kubangan maksiat seperti yang sering terjadi sekarang ini.  Karena segala sesuatu  tindakan merupakan pertanggungjawaban  yang punya nilai tersendiri kelak disisi Allah.

Tahun 2007 Setelah Lulus SMA..
Mulailah disini saya dihadapi oleh dua pilihan antara kerja dan kuliah.
“mama..ardi mau kuliah.. “ pintaku .  “ kuliah uangnya  dari mana.  bapak bentar lagi selesai masa kerjanya dan  ga  dapet pensiun soalnya bukan PNS, kuliahkan mahal..udah kerja aja,” jawab ibu. Lalu saya ada ide, “ ma gimana kalo ardi lulus SPMB dan tembus PTN di UNPAD atau ITB, soalnya biaya kuliahnya ringan katanya ada beasiswa untuk yang tidak mampu “
“yaa.. boleh, asalkan lulus..” kata ibu.

Namun sayang, saat Tes SPMB saya tidak lulus.  Perjuangan untuk mendapatkan  bangku kuliah tak kan kulepaskan begitu saja.
saya langsung mencari kerja, walau kerja di photocopy  tapi cukuplah untuk menambah tabungan  kuliah.
Selang satu tahun, saya  bertekad untuk sambil kuliah di Perguruan Tinggi Swasta Bandung Kelas Karyawan, mengambil jurusan Diploma tiga  Manajemen Informatika.
KERJA SAMBIL KULIAH  akhirnya dilakoni juga di awal tahun 2009 ..dan orangtua mengijinkan. Karena kebutuhan biaya kuliah meningkat.. saya mulai mencari kerja yang lebih baik dari sebelumnya, Mulai dari  Pelayan Toko di toko aquarium ikan hias , terakhir kerja di  Bengkel Motor  menjadi montir.

Waktu terus berputar saat-saat yang di tunggu tiba. .
“Mah.., pah..  besok ardi wisuda..ikut ya” tanyaku
“ Maafin Mama,  gak bisa ikut yang jaga Kios siapa, sama bapak aja”
“iya ma..gak apa-apa sama bapak juga” jawabku
Huft..padahal inginnya mereka semua ikut.

§ § §

Awal kehidupan baru..
Setelah wisuda, awal tahun 2011  ku mencoba mencari kerja lagi,  masih melamar dengan ijazah SMA,  Ijazah Diploma masih ditahan di kampus. belum ada uang buat menebusnya.. sekitar dua jutaan lagi  tunggakannya.
Hari-hari ku lalui, panggilan kerja  dari perusahaan tak kunjung tiba, berbagai cibiran dan hinaan tetangga semakin menggila, depan rumah .. teman sejawat hanya numpang lewat tanpa mau singgah.
belum lagi Pacar.. hati menjadi Kocar-kacir dibuatnya,  minta putus dalihnya jarang di apelin, semenjak nyusun TA. rujuk pun tak ada guna, yaa..apa boleh buat terima nasib, punya gelar  sarjana pengangguran..

Selama dua Bulan menanti, dapat panggilan kerja dari  perusahaan Outsourcing, PT. Centrepark di bidang pemarkiran. Saya langsung terjun di lokasi Bandung Electronic Centre (BEC).
Walaupun secara kasarnya hanya sebagai tukang parkir..yang penting halal, biar bisikan tetangga semakin nyaring di telinga, toh saya bukan  benalu buat mereka.
Satu tahun lebih sudah kujalani jadi juru parkir dan merangkap  kasir.
ijazah sudah beberapa bulan yang lalu ditebus.  Dengan royalty 1.2 Jt dari perusahaan tak membuat kecewa, karena  ada uang tip cukup untuk makan dan ongkos sehari-hari.  Keikhlasan saya berkerja dan niat bekerja karena Allah merasa hati  damai.

Disaat sedang nyantai-nyantai dirumah , tiba-tiba adik saya menawarkan

“ Kak mau  ikutan gak Ujian CPNS..sekarang lgi ada pembukaan” kata dewi, adikku.
“sok aja dewi duluan, ka2 mah kayaknya engga akan ikut CPNS ..taun kemarin aja dewi kan  gak lulus..pasti di curangin “ kataku.
“ya sekali-kali atuh..kaka kan gak pernah ikutan CPNS ..?”Tanya nya

Sehari kemudian..  “ kak ni dewi udah  buat Form pendaftaran Online , yang ka2 juga  dibuatin” kata dewi.
Rupanya adikku  secara diam-diam mengambil data-data saya untuk mendaftarkan cpns.
“emang yang mau dilamar ke cpns mana ?” tanyaku
“kemenkumham ” jawabnya.

“Kemenkumham tu apaan.. ?” tanyaku.
setelah dijelasin akhirnya saya mengerti. Ya sudah besok kita siapin berkas-berkas lamaran nya yang dewi sama kak ardi.
sehari sebelum penutupan, berkas lamaran sudah dikirim . nyaris saja kita berdua gak ikutan karena semuanya serba mepet.

Tersiar Kabar  PT. Kereta Api Indonesia membuka lowongan,  saya  mencoba mengadu peruntungan. Pergi dari rumah menuju Purwakarta menggunakan motor jam 5 subuh. Maksud ingin Tes Kesehatan di stasiun purwakarta. Karena ditengah perjalanan saya ngebut dan terjatuh di tikungan cianting purwakarta, sekitar jam setengah enam saya dilarikan ke rumah sakit  terdekat oleh warga sekitar. Lukanya cukup parah dan dalam  di dagu, itu musti dijahit sampai empat jahitan.
Ya Allah mengapa dikasih cobaan  Seperti ini , Niat mau bikin Surat Kesehatan malah Surat Sakit yang Kudapat.

Beberapa  minggu  kemudian, adikku mengabarkan  saya lulus seleksi administrasi. Sedangkan adikku tidak.padahal dialah yang bersemangat dan sangat menginginkannya. Saya sebagai kakanya merasa bersedih. Tiket alias kartu ujian sudah di dapatkan dari Kanwil Jawa barat. yang tidak jauh dari tempat tinggal saya.

Tes Pengukuran Tinggi Badan..
Gambar

Tiba di GOR Pajajaran,  rupanya banyak peserta yang ikutan banyak banget, Berjubel disekitar area. Disana saya merasa hanya sebagai pelengkap saja dengan nomor dada 00297 . Banyak wajah-wajah  yang  penuh percaya diri  dan yakin akan lolos.

Suasana di dalam GOR..
Gambar
Serangkaian Tes dialui , ada satu test yang hampir menghambat saya dan nyaris di pulangkan. Test pendengaran.. begitu lamanya,  saya berkonsentrasi mendengar seperti suara alat yang diberikan panitia  ..karena di dalam gaduhnya  luar biasa,  sadar saat itu saya jadi pusat  perhatian karena terlalu lama dan di photo-photo  juga.

 Tes Pendengaran..Gambar

Tes Buta Warna ..Gambar
namun akhirnya semua tantangan  bisa dilalui dengan baik

Info kelulusan kesamaptaan membuat saya penasaran.
sadar patokan terakhir dan ujian sebenarnya ada di CAT.
oke ini bukan main-main. Saya langsung beli buku  berjudul Test CPNS di dalamnya sudah tertera UUD 45.
saya membaca buku tersebut  pelan-pelan dan memperhatikan kalimatnya.

Gedung BKN ..saya   datang  tepat waktu  langsung masuk lantai 2, tandatangan absen. Periksa KTP dan kartu peserta.
saat test akan dimulai saya berdoa dan meyakinkan diri  dan bersumpah dalam hati  “ Demi Allah..ya Allah saya  lulus test CPNS ini.,”   bukan   ‘ Semoga ya allah..melainkan Demi Allah.
Kalo bersumpah atas nama allah tapi gak lulus..kayaknya dosa ya..hehe

Asli,  hal itu membuat ku tenang dan ringan dalam menjawab semua test tersebut dengan nilai  341 niali max 500. Dengan nilai  melebihi setengah nya saya merasa yakin.

Test berakhir , setelah menjalani rangkaian test hati merasa tenang.
lalu  kembali pulang ke rumah. Dapat info kalau saya ranking 2 pada sesi kedua di kelas ruangan waktu itu.  saya merasa optimis dan tidak memikirkan lulus atau tidaknya, yang penting sudah berusaha lagian kalo jodoh itu gak akan kemana.

Adikku rajin sekali membuka internet di kantornya untuk melihat info kelulusan saya , dan justru malah adikku yang uring-uringan . info kelulusan nya di undur lagi katanya

24 Desember  dengan wajah girang adikku member info kalo saya lulus test akhir. Saya setengah gak percaya, setelah pergi ke warnet..betul juga saya lulus.  Jelas hal itu membuat seisi rumah menjadi bahagia, terutama ibu juga adikku.

Saya pandai menyimpan rahasia dan meminta keluarga untuk merahasiakan berita itu kesiapa pun nanti tunggu saat nya nanti kecuali kerabat dan saudara yang jauh,  sampai sekarang tetangga-tetangga di rumahku belum ada yang mengetahui keberhasilanku.  Sampai saat ini  sebagian dari mereka selalu menghina seorang sarjana jadi tukang parkir, ya silakan justru saya menyambut hinaan itu, saya suka itu. Tapi tunggu saatnya nanti, saat ku berseragam polsuspas.

Pemberkasan ulang. Membuat saya kerepotan  karena banyak berkas yang  belum lengkap. Saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya di BEC. Namun saat akan mengajukan resign, Bos saya kaget  soalnya saya mau diangkat  jadi Staff IT, karena saat itu saya berkompenten soal Komputer dan jaringan .  Lalu saya menceritakan semuanya, dan akhirnya mengerti, terlihat  dari wajahnya,  bos keliatan merasa senang. Padahal bagian IT adalah kerjaan yang saya idam-idamkan semenjak dulu, Untuk melamar ke bagian IT saja di perusahaan lain sangat sulit,  mereka maunya yang sudah  berpengalaman.  Tak mengapa itu sudah tak penting bagiku, yang kupikirkan sekarang bagaimana caranya  menyelesaikan semua pemberkasan. Walau banyak beberapa kendala akhirnya semua pemberkasan Fix.

Semua Ikhtiar yang saya jalani membuahkan hasil, ga habis-habisnya bersyukur kepada Allah.
Coba dulu adik saya gak “menjerumuskan” saya seperti ini, mungkin saya gak akan hadir dalam keluarga Kemenkumham.

Saya sangat berterimakasih kepada adik saya (Walaupun adik saya gak lulus saat pendaftaran),,
ini hadiah buatnya ,,bagi saya yang sekali mengikuti ujian CPNS.
..Alhamdulilah

“Yaa..Allah Izinkanlah  Adik saya untuk bergabung di kemenkumham, Karena dia sangat-sangat menginginkannya.. yaa.. Allah”.

Sekali lagi, Ini Hadiah untuk mu dik…

§ § §

“Ikhlas  dalam mengerjakan sesuatu semata-mata karena allah akan membawa dalam kebaikan.

Ketulusan  saya melakukan sesuatu  dan Niat  Bekerja Ikhlas  karena  Allah membuat hati ini damai.”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 6, 2014 in Tak Berkategori

 
Sampingan

IKHLAS

Assalamualaikum Akhi & Ukhi…

 

Perkenalkan Saya Ardi Firmansah Giantoro. Saya keturunan campuran Sunda dan jawa yang terlahir di kota kembang (bandung). bertempat tinggal di daerah Kiaracondong  kota bandung jawa barat.

Keluarga saya dulunya adalah keluarga yang Broken Home . Tapi semenjak saya Lulus SMA alhamduliah keadaan mulai membaik dan boleh dibilang sudah Harmonis.Saya anak ke 2 dari 4 bersaudara. kakak saya laki-laki bekerja sebagai pegawai di BUMD Kota Bandung . Adik pertama yang perempuan, sudah bekerja di perusahaan swasta  sambil kuliah di Perguruan Tinggi Bandung , adik  yang  kedua perempuan masih duduk di bangku kelas 4 SD .

Dahulu bapak seorang pegawai BUMD di PD. Kebersihan Kota Bandung. Bapak  yang merangkap sebagai loper Koran dan  mulai dibantu oleh ibu pada tahun 1997an. Beliau mendirikan  kios Koran di pinggir jalan yang ramai di Jalan  Soekarno-Hatta (By Pass).

Waktu bergulir  di Tahun 2001, lulus SD saya melanjutkan sekolah ke SMP Swasta yang kebetulan dekat dengan kios ibu berjualan, di sekolah waktu jam masuk dibagi dua, seminggu masuk pagi  seminggu lagi masuk siang. saya mulai membantu ibu berjualan koran, saya juga  menggantikan beliau disaat sekolah  kebagian masuk siang, jam 6 pagi mulai berangkat untuk berjualan , koran ramainya di pagi hari   setelah jam setengah  12 siang  saya mulai bersiap-siap  pergi sekolah dan pulang jam 5.
saya sangat senang berjualan Koran Karena dari situ  saya jadi suka membaca,  mulai majalah/koran  politik, olahraga.. dan sebagainya, tapi yang paling ku suka majalah computer. Sampai majalah wanita pun saya baca .. hehe.

Di sekolah peringkat tak jauh dari rangking 1 atau 3, aklhirnya  saya dapat beasiswa,  dan itu untuk membantu beban orangtua. satu hal yang paling berkesan  adalah  pada saat idul adha di sekolah. singkat cerita, pada saat pemotongan hewan qurban  entah kenapa kepala sekolah pada saat itu memilih Sembilan  orang siswa termasuk saya  untuk maju . dipilihlahlah  sembilan  ekor  kambing  yang akan disembilih, satu orang satu kambing..
kepala  sekolah  seraya mengatakan “ itu adalah kurban kalian..yang akan disembelih hari ini”.   Alhamdulilah .. yaa allah saya dapat juga berqurban gumamku, pada saat itu hati menjadi sangat  tenang dan damai .. Semoga  pahalanya diterima  oleh allah. Dan tak lupa hal itu diceritakan pada ibu. Tentu saja beliau senang.

Menjelang Tahun 2004 saya melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya di SMA ,
Masuk SMA Negeri adalah harapan dan cita-cita tiap siswa di Kota bandung. Saya bersyukur dapat  menembus ke SMA negeri.
Namun di masa ini  masa sulit buat hidup saya yang masih remaja..keretakan keluarga yang di mulai sejak Saya SD semakin  menjadi-jadi Seperti biasanya, pertengkaran Bapak dan Ibu  saya anggap burung yang  sedang  berkicau. Namun Kicauan mereka akhirnya membuat saya tak tahan..  Pagi pergi sekolah  pulang malam kadang juga nginap di rumah teman.  Hati memang tidak bisa dibohongi kalau soal ini., Asli hidup saya merasa hancur  tak tentu arah. Namun saya punya pendirian dan tetap tegar.. walaupun keadaan sekacau ini  saya berjanji tidak akan terjerumus ke pergaulan yang tidak baik.  Saya bergaul dengan teman-teman  saya yang baik , dan mengikuti  semacam ekskul perkumpulan Rohani islam/rohis di sekolah.

Hati dan Jiwa ini adalah titipan Allah  yang musti dirawat , dijaga dan diayomi  agar tidak salah  melangkah menuju kubangan maksiat seperti yang sering terjadi sekarang ini.  Karena segala sesuatu  tindakan merupakan pertanggungjawaban  yang punya nilai tersendiri kelak disisi Allah.

Tahun 2007 Setelah Lulus SMA..
Mulailah disini saya dihadapi oleh dua pilihan antara kerja dan kuliah.
“mama..ardi mau kuliah.. “ pintaku .  “ kuliah uangnya  dari mana.  bapak bentar lagi selesai masa kerjanya dan  ga  dapet pensiun soalnya bukan PNS, kuliahkan mahal..udah kerja aja,” jawab ibu. Lalu saya ada ide, “ ma gimana kalo ardi lulus SPMB dan tembus PTN di UNPAD atau ITB, soalnya biaya kuliahnya ringan katanya ada beasiswa untuk yang tidak mampu “
“yaa.. boleh, asalkan lulus..” kata ibu.

Namun sayang, saat Tes SPMB saya tidak lulus.  Perjuangan untuk mendapatkan  bangku kuliah tak kan kulepaskan begitu saja.
saya langsung mencari kerja, walau kerja di photocopy  tapi cukuplah untuk menambah tabungan  kuliah.
Selang satu tahun, saya  bertekad untuk sambil kuliah di Perguruan Tinggi Swasta Bandung Kelas Karyawan, mengambil jurusan Diploma tiga  Manajemen Informatika.
KERJA SAMBIL KULIAH  akhirnya dilakoni juga di awal tahun 2009 ..dan orangtua mengijinkan. Karena kebutuhan biaya kuliah meningkat.. saya mulai mencari kerja yang lebih baik dari sebelumnya, Mulai dari  Pelayan Toko di toko aquarium ikan hias  ,terakhir kerja di  Bengkel Motor  menjadi montir.
 
Waktu terus berputar saat-saat yang di tunggu tiba. .
“Mah.., pah..  besok ardi wisuda..ikut ya” tanyaku
“ Maafin Mama,  gak bisa ikut yang jaga Kios siapa, sama bapak aja”
“iya ma..gak apa-apa sama bapak juga” jawabku
Huft..padahal inginnya mereka semua ikut.

§ § §

Awal kehidupan baru..
Setelah wisuda, awal tahun 2011  ku mencoba mencari kerja lagi,  masih melamar dengan ijazah SMA,  Ijazah Diploma masih ditahan di kampus. belum ada uang buat menebusnya.. sekitar dua jutaan lagi  tunggakannya.
Hari-hari ku lalui, panggilan kerja  dari perusahaan tak kunjung tiba, berbagai cibiran dan hinaan tetangga semakin menggila, depan rumah .. teman sejawat hanya numpang lewat tanpa mau singgah.
belum lagi Pacar.. hati menjadi Kocar-kacir dibuatnya,  minta putus dalihnya jarang di apelin, semenjak nyusun TA.
rujuk pun tak ada guna, yaa..apa boleh buat terima nasib, punya gelar  sarjana pengangguran..

Selama dua Bulan menanti, dapat panggilan kerja dari  perusahaan Outsourcing, PT. Centrepark di bidang pemarkiran. Saya langsung terjun di lokasi Bandung Electronic Centre (BEC).
Walaupun secara kasarnya hanya sebagai tukang parkir..yang penting halal, biar bisikan tetangga semakin nyaring di telinga, toh saya bukan  benalu buat mereka.
Satu tahun lebih sudah kujalani jadi juru parkir dan merangkap  kasir.
ijazah sudah beberapa bulan yang lalu ditebus.  Dengan royalty 1.2 Jt dari perusahaan tak membuat kecewa, karena  ada uang tip cukup untuk makan dan ongkos sehari-hari.  Keikhlasan saya berkerja dan niat bekerja karena Allah merasa hati  damai.

 Disaat sedang nyantai-nyantai dirumah , tiba-tiba adik saya menawarkan

“ Kak mau  ikutan gak Ujian CPNS..sekarang lgi ada pembukaan” kata dewi, adikku.
“sok aja dewi duluan, ka2 mah kayaknya engga akan ikut CPNS ..taun kemarin aja dewi kan  gak lulus..pasti di curangin “ kataku.
“ya sekali-kali atuh..kaka kan gak pernah ikutan CPNS ..?”Tanya nya

Sehari kemudian..  “ kak ni dewi udah  buat Form pendaftaran Online , yang ka2 juga  dibuatin” kata dewi.
Rupanya adikku  secara diam-diam mengambil data-data saya untuk mendaftarkan cpns.
“emang yang mau dilamar ke cpns mana ?” tanyaku
“kemenkumham ” jawabnya.

“Kemenkumham tu apaan.. ?” tanyaku.
setelah dijelasin akhirnya saya mengerti. Ya sudah besok kita siapin berkas-berkas lamaran nya yang dewi sama kak ardi.
sehari sebelum penutupan, berkas lamaran sudah dikirim . nyaris saja kita berdua gak ikutan karena semuanya serba mepet.

Tersiar Kabar  PT. Kereta Api Indonesia membuka lowongan,  saya  mencoba mengadu peruntungan. Pergi dari rumah menuju Purwakarta menggunakan motor jam 5 subuh. Maksud ingin Tes Kesehatan di stasiun purwakarta. Karena ditengah perjalanan saya ngebut dan terjatuh di tikungan cianting purwakarta, sekitar jam setengah enam saya dilarikan ke rumah sakit  terdekat oleh warga sekitar. Lukanya cukup parah dan dalam  di dagu, itu musti dijahit sampai empat jahitan.
Ya Allah mengapa dikasih cobaan  Seperti ini , Niat mau bikin Surat Kesehatan malah Surat Sakit yang Kudapat.

Beberapa  minggu  kemudian, adikku mengabarkan  saya lulus seleksi administrasi. Sedangkan adikku tidak.padahal dialah yang bersemangat dan sangat menginginkannya. Saya sebagai kakanya merasa bersedih. Tiket alias kartu ujian sudah di dapatkan dari Kanwil Jawa barat. yang tidak jauh dari tempat tinggal saya. 
Gambar

Tiba di GOR Pajajaran,  rupanya banyak peserta yang ikutan banyak banget, Berjubel disekitar area. Disana saya merasa hanya sebagai pelengkap saja. Banyak wajah-wajah  yang  penuh percaya diri  dan yakin akan lolos.
Gambar
Serangkaian Tes dialui , ada satu test yang hampir menghambat saya dan nyaris di pulangkan. Test pendengaran.. begitu lamanya saya berkonsentrasi..karena di dalam gaduhnya  luar biasasaya juga sadar saat itu jadi bahan perhatian dan di photo-photo  juga.

GambarGambar
namun akhirnya semua tantangan  bisa dilalui dengan baik

Info kelulusan kesamaptaan membuat saya penasaran.
sadar patokan terakhir dan ujian sebenarnya ada di CAT.
oke ini bukan main-main. Saya langsung beli buku  berjudul Test CPNS di dalamnya sudah tertera UUD 45.
saya membaca buku tersebut  pelan-pelan dan memperhatikan kalimatnya.

Gedung BKN ..saya   datang  tepat waktu  langsung masuk lantai 2, tandatangan absen. Periksa KTP dan kartu peserta.
saat test akan dimulai saya berdoa dan meyakinkan diri  dan bersumpah dalam hati  “ Demi Allah..ya Allah saya  lulus test CPNS ini.,”   bukan   ‘ Semoga ya allah..melainkan Demi Allah.
Kalo bersumpah atas nama allah tapi gak lulus..kayaknya dosa ya..hehe

Asli,  hal itu membuat ku tenang dan ringan dalam menjawab semua test tersebut dengan nilai  341 niali max 500. Dengan nilai  melebihi setengah nya saya merasa yakin.

Test berakhir , setelah menjalani rangkaian test hati merasa tenang.
lalu  kembali pulang ke rumah. Dapat info kalau saya ranking 2 pada sesi kedua di kelas ruangan waktu itu.  saya merasa optimis dan tidak memikirkan lulus atau tidaknya, yang penting sudah berusaha lagian kalo jodoh itu gak akan kemana.

Adikku rajin sekali membuka internet di kantornya untuk melihat info kelulusan saya , dan justru malah adikku yang uring-uringan . info kelulusan nya di undur lagi katanya

21 Desember  dengan wajah girang adikku member info kalo saya lulus test akhir. Saya setengah gak percaya, setelah pergi ke warnet..betul juga saya lulus.  Jelas hal itu membuat seisi rumah menjadi bahagia, terutama ibu juga adikku.

Saya pandai menyimpan rahasia dan meminta keluarga untuk merahasiakan berita itu kesiapa pun nanti tunggu saat nya nanti kecuali kerabat dan saudara yang jauh,  sampai sekarang tetangga-tetangga di rumahku belum ada yang mengetahui keberhasilanku.  Sampai saat ini  sebagian dari mereka selalu menghina seorang sarjana jadi tukang parkir, ya silakan justru saya menyambut hinaan itu, saya suka itu. Tapi tunggu saatnya nanti, saat ku berseragam polsuspas.

Pemberkasan ulang. Membuat saya kerepotan  karena banyak berkas yang  belum lengkap. Saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya di BEC. Namun saat akan mengajukan resign, Bos saya kaget  soalnya saya mau diangkat  jadi Staff IT, karena saat itu saya berkompenten soal Komputer dan jaringan .  Lalu saya menceritakan semuanya, dan akhirnya mengerti, terlihat  dari wajahnya,  bos keliatan merasa senang. Padahal bagian IT adalah kerjaan yang saya idam-idamkan semenjak dulu, Untuk melamar ke bagian IT saja di perusahaan lain sangat sulit,  mereka maunya yang sudah  berpengalaman.  Tak mengapa itu sudah tak penting bagiku, yang kupikirkan sekarang bagaimana caranya  menyelesaikan semua pemberkasan. Walau banyak beberapa kendala akhirnya semua pemberkasan Fix.

Semua Ikhtiar yang saya jalani membuahkan hasil, ga habis-habisnya bersyukur kepada Allah.
Coba dulu adik saya gak “menjerumuskan” saya seperti ini, mungkin saya gak akan hadir dalam keluarga Kemenkumham.

Saya sangat berterimakasih kepada adik saya (Walaupun adik saya gak lulus saat pendaftaran),, 
ini hadiah buatnya ,,bagi saya yang sekali mengikuti ujian CPNS.
..Alhamdulilah

“Yaa..Allah Izinkanlah  Adik saya untuk bergabung di kemenkumham, Karena dia sangat-sangat menginginkannya.. yaa.. Allah”.

Sekali lagi, Ini Hadiah untuk mu dik…

§ § §

“Ikhlas  dalam mengerjakan sesuatu semata-mata karena allah akan membawa dalam kebaikan.

Ketulusan  saya melakukan sesuatu  dan Niat  Bekerja Ikhlas  karena  Allah membuat hati ini damai.”

 

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 6, 2014 in Tak Berkategori

 

Kampus Ilmu Sejati

Sudah Sekian lama ga ngeblog. dari awal tahun 2007.
Sekarang saatnya ku memulai Untuk ngeblog lagi. mudah2n ini menjadi awal yang baik .. Amin

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 9, 2012 in Tak Berkategori

 

Introduce

nama ku ardi biasa dipanggil diar cuma ngetes doang……

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 29, 2007 in Tak Berkategori

 

Halo dunia!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 29, 2007 in Tak Berkategori

 
 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.